6 Cara Mengobati Hipertensi Yang Ampuh

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Tuntas Agar Tak Naik Lagi

sumber gambar: honestdocs.id

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang memiliki dampak besar bagi kesehatan seseorang. Pasti anda bertanya-tanya, mengapa? karena penyakit ini berkemungkinan menjadi penyebab utama gagal ginjal, stroke, dan serangan jantung. Terburuknya akan mengalami kematian. Hal ini menjadi alasan pentingnya kita tahu cara mengobati hipertensi agar tidak terjadi komplikasi. Terlebih saat ini banyak kasus hipertensi menyerang negara kita. Jadi berikut ini merupakan beberapa cara yang ampuh untuk dicoba.

  1. Rajin Berolahraga

American College of Sport Medicine (ACSM) pernah menjelaskan bahwa untuk menurunkan tekanan darah tinggi ada dapat melakukan latihan sederhana. Misalnya melakukan tugas-tugas rumah, jalan-jalan, dan lain lain. Meski aktivitas ringan tidak akan menjadi masalah jika dilakukan secara rutin dan konstan. Dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Mengutip dari hellosehat.com, bisa jadi jika seseorang berhenti olahraga akan menyebabkan tekanan darah meningkat lagi. Olahraga yang dapat anda lakukan antara lain renang, menari, naik turun tangga, lari atau jogging, jalan kaki, bersepeda, dan sebagainya. Bagi ibu rumah tangga bisa melakukan aktivitas berkebun, menyapu, mengepel lantai, dan memotong rumput.

  1. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan merupakan hal penting yang harus dilakukan semua orang. Apabila berat badan tidak ideal bahkan mencapai obesitas akan berpengaruh pada kesehatan. Tidak hanya untuk kasus hipertensi tapi bahkan untuk semua penyakit. Bagaimana cara berat badan ideal? Lakukanlah olahraga teratur dan menjalani hidup dengan gaya hidup sehat.

  1. Meminum Yogurt

Selama ini kita paham bahwa yogurt berperan dalam melancarkan pencernaan. Ternyata lebih dari itu, yogurt mampu membuat hipertensi menurun. Setidaknya jika anda minum sebanyak 180 ml akan membuat tekanan darah menjadi stabil. Ini berkat adanya protein spesial dan probiotik yang ada di yogurt. Untuk hasil maksimal, anda dapat mengonsumsi greek yogurt original dengan zat lemak kurang dari 2%.

  1. Mengonsumsi Buah Bit

Professor emerita di Georgia State University bernama Christine Rosenbloom mengatakan bahwa buah bit mampu menurunkan tekanan darah seseorang. Hal ini karena buah bit mengandung zat nitrat yang bertugas untuk melebarkan pembuluh darag agar tekanan darah tidak berlebihan. Tak hanya itu, buah bit ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh otot dalam menjalankan tugasnya. Alhasil ketahanan tubuh seseorang meningkat dan rentan terkena penyakit. Buah bit dapat dikonsumsi dengan beraneka ragam proses, baik dalam bentuk jus, di panggang, dan lain-lain.

  1. Puasa

Berasal dari Journal of Hypertension yang dipublikasi pada tahun 2016 menyebutkan bahwa puasa mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan sampai hipertensi sedang. Hal ini karena saat anda puasa maka akan ada perubahan pola tidur dan makan. Perubahan tersebut mempengaruhi kinerja sistem renin, sistem saraf simpatik, dan hormon antidiuretik sehingga tekanan darah dapat berkurang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan tekanan darah akan meningkat. Sebab proses metabolisme tubuh akan berjalan lambat dan lemak akan menumpuk lebih cepat. Ini akan berdampak pada aliran darah tidak lancar sehingga tekanan dibutuhkan agar oksigen dalam darah dapat menyebar ke seluruh organ tubuh.

  1. Yoga

Yoga merupakan salah satu aktivitas yang tidak asing bagi kalangan umum. Tak banyak orang yang tahu jika anda mengikuti kelas yoga akan bermanfaat bagi kesehatan tekanan darah anda. Jika setidaknya 3 bulan anda rutin mengikuti kelas yoga maka cara ini efektif untuk menurunkan hipertensi. Selain itu berat badan anda akan berkurang dan kadar kolesterol tetap terjaga.

Laman internet honestdocs.id mengungkapkan adanya cara mengobati hipertensi lainnya dengan mengonsumsi obat darah tinggi tertentu yang sudah direferensikan oleh dokter. Contohnya sebagai berikut.

  1. Vasodilator
  • Minoxidil (Loniten)
  • Hydralazine hydrochloride (Apresoline)
  1. Beta-blocker
  • Penbutolol sulfat (Levatol)
  • Metoprolol suksinat (Toprol-XL)
  • Metoprolol tartrat (Lopressor)
  • Acebutolol
  • Betaxolol
  1. Penghambat adrenergik perifer
  • Reserpin
  • Guanadrel
  • Guanethidine monosulfate
  1. Diuretik
  • Diuretik thiazide (Hygroton, Lasix, dan Diuril)
  • Loop diuretik (Furosemid dan Bumetanide)
  • Diuretik potassium-sparing (Durenium, Midamor, dan Aldactone)
  • Kombinasi beberapa diuretik
  1. Agonis sentral
  • Guanfacine hydrochloride
  • Guanabenx asetat
  • Alfa methyldopa
  • Klonidin hidroklorida

Demikian rincian dari cara mengobati hipertensi yang ampuh dapat anda coba. Semoga bermanfaat dan anda bisa sehat kembali. Perlu diingat bahwa pasien tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman berkafein, minuman bersoda, dan teh. Alasannya karena jika anda mengonsumsi minuman berkafein akan menambahkan tekanan darah mencapai 10 mmHg.

Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*